-->

cara mengekstrak file yang dikunci langsung di android

ketika kita mengunduh file di google terkadang tidak selalu berupa file yang siap pakai, ada saja yang harus perlu di extrak terlebih dahulu seperti file yang berformat .rar atau .zip.

File berupa zip dan rar perlu diextrak terlebih dahulu sebelum siap digunakan, karena file asli terdapat didalamnya.
Fungsi dari file yang dikompres/dibuat menjadi rar atau zip adalah untuk menyimpan beberapa file sekaligus, oleh karena itu agar tidak terpencar pencar maka dibuatlah file zip atau rar agar lebih simple

Biasanya file zip dan rar bisa di extrak secara langsung di ponsel kita menggunakan pengelola berkas bawaan ponsel, namun terkadang kita mendapati kesulitan saat mengekstrak file yang diberi kunci atau pasword oleh sang pembuat.
Tujuannya adalah untuk menjaga dari pencurian file, karena biasanya paswordnya terdapat di website aslinya, yang mana biasanya paswordnya menggunakan nama dari website yang memiliki.

File zip atau rar yang diberi pasword susah untuk di ekstrak di ponsel android kita walaupun kita sudah memiliki paswordnya, karena tidak adanya pilihan untuk masukan pasword, untuk mengatasi hal ini siambakidul akan mecoba memberikan tutorial cara mengextrak file yang diberi pasword.

Berikut cara mengextrak file yang terkunci menggunakan android.
  1. Pastikan kalian sudah mempunyai pasword untuk membuka filenya, jika belum silahkan cari terlebih dahulu di sumber file aslinya, biasanya pemilik akan memberi pasword di situsnya.
  2. Kalian memperlukan sebuah aplikasi bernama ZArchiver yang kalian bisa unduh di playstore, atau Unduh disini.
  3. Setelah terinstal silahkan kalian buka aplikasinya dan untuk pertama kali saat baru membuka akan ada pemberitahuan tentang aplikasi tekan saja ok, kemudian cari file yang akan kalian ekstrak, setelah ketemu klik pada nama filenya.
  4. Setelah kalian klik file yang ingin di ekstrak maka akan muncul pilihan seperti pada gambar dibawah, pilih saja ekstrak disini agar kalian tidak bingung saat mencari file yang sudah di ekstrak.
  5. Selanjutnya masukan pasword yang sudah kamu simpan tadi di kolom yang diberikan, kemudian tekan ok. Jika file tidak terkunci maka akan secara otomatis terekstrak.
  6. Langkah terahir adalah mencari file yang sudah terekstrak untuk digunakan.
Itulah cara mudah mengekstrak file yang terkunci atau terenkripsi di android dengan mudah.
Semoga bermanfaat.