-->

Cara mengatasi tidak bisa mengakses layanan google apapun di android

google merupakan raksasa internet yang sudah menggurita, ratusan prodak google bisa kita nikmati secara bebas, google bukan sekedar mesin pencari saja, mungkin sebagian orang yang belum mengenal google hanya tahu kalau google hanyalah mesin pencari informasi saja.

Youtube, gmail, google map, drive, dan masih banyak yang lain yang ada di internet adalah milik google, mungkin separuh dari apa yang ada di internet adalah google. Nah dengan segala kemudahan yang bisa kita nikmati oleh google terkadang ada saja hal yang membuat kita tidak bisa mengakses google. Dikebanyakan kasus adalah mereka tidak bisa sama sekali mengakses prodak google seperti menonton youtube, mendownload di playstore, dan lain sebagainya, masalah ini sering sekali terjadi bahkan saya sendiri sudah beberapa kali menjadi korbannya.


Lalu apa sebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebab kita tidak bisa mengakses google adalah karena aplikasi sistem "layanan google play/google play services" sudah kadaluarsa dan harus di perbaharui, saya menyimpulkan layanan google play yang harus diperbaharui adalah karena kebanyakan kasus layanan google play kadaluarsa adalah menjadi sebab utama kita tidak bisa mengakses layanan google.

Bagai mana cara kita memperbaharui "layanan google play" sedang kita tidak bisa mengakses play store?
Jangan kawatir sahabat! Kita gunakan cara lain agar kita bisa mengupgrade layanan google play.

Berikut cara menginstal "layanan google play" selain di playstore.

#hal pertama kalian harus mendownload aptoide.
Aptoide adalah aplikasi semacam playstore atau toko aplikasi. Kelebihannya adalah kita bisa memilih versi aplikasi yang kita inginkan, jika di playstore hanya aplikasi dengan versi terbaru saja yang ditampilkan.

Silahkan kalian download terlebih dahulu aptoidenya Disini kemudian pasang dan jalankan.
Jika pemasangan tidak bisa dilakukan pastikan sudah mengaktifkan perizinan pemasangan aplikasi dari sumber tidak diketahui di setelan. Jangan khawatir karena aplikasinya aman.

#setelah terinstal dan terpasang silahkan kalian ketik di kolom pencarian "layanan google play" lalu pilih sesuai gambar dibawah.
Setelah kalian pilih silahkan kalian klik perbaharui, jika setelah di perbaharui masih tidak bisa dipasang maka kalian harus memilih versi yang lain.
Setelah memilih versi lain dan sudah selesai di pasang sekarang kalian coba akses fasilitas google seperti youtube dan lainnya.

Semoga berhasil...