-->

Dari mana wikipedia mendapat penghasilan

Hay sahabat,, pernakah kalian memikirkan "dari mana wikipedia mendapapat penghasilan?"
Jika iya berarti kalian adalah salah satu dari sekian ribu orang yang penasaran akan pertanyaan tersebut. Siapapun pengguna internet yang suka cari wawasan melalui mesin pencari seperti google,yahoo dan sebagainya pasti tahu platform wikipedia.

Jelas sekali platform wikipedia memang sering muncul pada bagian paling atas di halaman pencarian, oleh sebab itulah hampir semua pengguna internet mengetahuinya.

Namun tahukah anda dari mana wikipedia mendapatkan penghasilan untuk terus merawat dan mengembangkan situsnya? Seperti yang kita tahu bahwa semua situs web pasti memonetasi website mereka dengan cara apapun seperti iklan, afiliate, jual buku dan lain sebagainya.

Namun inilah yang menjadi keistimewaan situs wikipedia.Wikipedia tidak memasangkan iklan apapun untuk memonetasi situsnya, dan inilah yang menjadikan banyak orang penasaran untuk mengetahuinya. Sebelum kita membahas dari mana wikipedia mendapatkan penghasilan, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui siapa wikipedia.

Bisa dibilang wikipedia adalah ensiklopedia online yang memuat ratusan ribu artikel dalam ratusan bahasa. Website ini dibangun pada tahun 2001 oleh seorang bernama Jimmy wales dan Larri sanger dibawah naungan wikimedia. Dikutip dari NBC News Tecnology pada tahun 2010 wikipedia meraup pendapatan hingga 16juta dollar amerika atau sekitar 147 miliar Rupiah. Dan terus meningkat pada tahun tahun berikutnya. Bahkan hingga tahun 2014 mencapai 670miliar seperti pada grafis yang diambil statista wikipedia foundantion.
Data statista
Lalu dari mana hasil yang fantastic itu di dapat? Wikipedia memanglah sangatlah terkenal hingga jutaan orang mengunjunginya setiap saat, dan masih banyak orang baik diluar sana yang ingin ikut serta membangun dan mempertahankan wikipedia sehingga menjadi alasan wikipedia tetap bertahan. Tersirat dalam sebuah pesan pribadi sang pendiri wikipedia Jimmy wales dalam salah satu halaman wikipedia ia mengatakan seperti dibawah

"Google mungkin memiliki hampir sejuta server. Yahoo memiliki sekitar 13.000 staf. Kami hanya memiliki 679 server dan 95 staf.
Wikipedia adalah situs #5 di web dan melayani 450 juta orang yang berbeda setiap bulan - dengan miliaran kunjungan halaman.

Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Menurut saya, iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini — tidak di Wikipedia.

Wikipedia merupakan sesuatu yang istimewa. Wikipedia ibarat perpustakaan atau taman untuk umum. Wikipedia laksana ruang suci bagi pikiran. Wikipedia adalah tempat kita semua dapat datang untuk berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Ketika saya memulai Wikipedia, saya dapat saja menjadikannya sebagai sebuah perusahaan komersial yang menayangkan iklan, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kami bekerja keras setiap tahun untuk menjaga kita tetap ramping dan ketat anggaran. Kami memenuhi misi kami, dan kami tidak menyia-nyiakannya.

Jika setiap orang yang membaca ini menyumbangkan $5, kami hanya perlu melakukan penggalangan dana selama satu hari setiap tahunnya. Tetapi tidak semua orang dapat atau ingin menyumbang. Dan hal itu tidak apa-apa. Setiap tahun cukup banyak jumlah orang yang memutuskan untuk menyumbang.

Tahun ini, pertimbangkanlah untuk memberikan sumbangan $5, €10, ¥1000, atau berapa pun yang Anda mampu untuk melindungi dan melestarikan Wikipedia.

Terima kasih,"

Jimmy Wales
Perintis Wikipedia
Dari isi permohonan dari sang pendiri wiki pedia kita sudah tahu bahwa pendapatan mereka adalah dari para donatur. Tidak sulit untuk mengumpulkan dana bagi wikipedia. Seperti yang kita ketahui wikipedia memiliki jutaan relawan yang siap menghidupkan situs tersebut. Penggalangan dana? Dalam salah satu halaman wikipedia terdapat halaman penggalangan dana atau donatur tapi apakah benar isinya permintaan penggalangan dana?
Logo wikimedia foundation
Kalian bisa mengunjungi halaman tersebut disini. Isi_nya sebagai berikut (sudah diartikan ke bahasa Indonesia).

 "Terima kasih atas minat Anda Terima kasih atas minat Anda untuk mendukung Wikimedia Foundation. Kami tidak melakukan penggalangan dana di negara Anda saat ini, namun kontribusi uang bukan satu-satunya pilihan Anda untuk menyumbang dan mendukung Wikipedia. Wikipedia adalah "wiki", yang berarti setiap orang dapat mengedit halaman. Anda tidak perlu mengajukan permohonan atau mendapat izin khusus untuk bergabung dengan kami. Di bagian atas setiap halaman ada label "edit". Cobalah, misalnya, di kotak pasir Wikipedia. Anda bahkan tidak perlu masuk untuk mengedit, meskipun membuat akun memberi Anda lebih banyak pilihan dan membantu Anda melacak kontribusi Anda. Tidak ada papan editorial utama; semua suntingan dibuat oleh anggota individu komunitas Wikipedia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat pendahuluan dan tutorialnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai Wikipedia atau pengeditan, silakan hubungi info di wikimedia.org. Alamat email ini dijawab oleh peserta proyek lama yang memiliki pengalaman luas dalam masalah yang berkaitan dengan Wikipedia. Terima kasih lagi atas minat Anda, dan kami harap Anda bergabung dengan kami!" Dari halaman wikipedia diatas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud penggalangan donasi tidaklah harus berupa uang, yaitu bersifat "wiki" alias semua orang bisa mengedit artikel yang sudah ada ataupun memberikan sebuah artikel baru. Tapi tetap dimoderator jika ingin membuat artikel baru di wikipedia yah.. Bahkan dikatakan bahwa "kami tidak melakukan penggalangan dana dinegara anda saat ini" kata kata tersebut seakan akan menolak diberi donasi, iya kan? Lalu dari mana? Jawabannya bisa anda simpulkan sediri tapi pendapat terkuat adalah dari para donasi, walaupun sudah dikatakan  "kami tidak melakukan penggalangan dana dinegara anda saat ini" tapi tetap mereka pasti menerima donasi yang digunakan untuk keperluan pengembangan dan penjagaan server mereka.